Monday - Friday : 08:00 - 17:00
(+62) 21 44820301
customer.service@kbnlogistik.co.id
INA
Sistem Manajemen Mutu C-TPAT Gudang Konsolidasi Blok C.03 Kawasan Marunda

Sistem Manajemen Mutu C-TPAT Gudang Konsolidasi Blok C.03 Kawasan Marunda

Kamis, 10 Desember 2020 | 10:48
/ C-TPAT

C-TPAT (Customs and Trade Partnership Against Terrorism) adalah sebuah inisiatif antara pemerintah dan swasta untuk membangun hubungan kerjasama dengan tujuan memperkuat dan meningkatkan keamanan semua rantai pasokan internasional.

Kriteria keamanan minimal ini pada dasarnya dimaksudkan sebagai unsur dasar bagi pabrikan asing guna menjalankan praktik-praktik keamanan efektif dengan tujuan untuk mengoptimalkan kinerja rantai pasokan sehingga dapat memperkecil risiko kerugian, pencurian, penyelundupan barang gelap yang memungkinkan teroris dan praktik terorisme memasuki rantai pasokan global. Mengingat keseriusan dan ruang lingkup unsur-unsur kejahatan yang mengancam perdagangan dunia melalui konspirasi internal, perusahaan, khususnya, pabrikan asing, dituntut memperketat praktik-praktik keamanannya.

Setidaknya setahun sekali, atau bilamana dipandang perlu misalnya pada saat peringatan kewaspadaan tinggi, pelanggaran atau insiden keamanan, perusahaan-pabrikan asing harus melakukan penilaian komprehensif terhadap rantai pasokan internasionalnya berdasarkan kriteria keamanan C-TPAT berikut. Bila pabrikan asing menyerahkan (outsource) atau mengontrakkan rantai pasokannya, seperti pabrik, gudang, atau unsur-unsur asing lainnya, pabrikan asing di atas harus bekerja dengan para mitranya tersebut guna menjamin bahwa langkah-langkah keamanan terkait telah dilaksanakan dan diikuti di seluruh rantai pasokannya. Menurut C-TPAT, rantai pasokan ditetapkan mulai dari titik asal (pabrik/pemasok/vendor) sampai titik distribusi – dan mengakui berbagai model bisnis yang dipakai para anggota C-TPAT.

 

*AF

Share:
Berikan komentar