Monday - Friday : 08:00 - 17:00
(+62) 21 44820301
customer.service@kbnprimalogistik.co.id
INA
Learning Center KBN Wujudkan SDM Unggul

Learning Center KBN Wujudkan SDM Unggul

Minggu, 16 Februari 2020 | 07:17
/ KBN

KBN Learning Center merupakan langkah nyata membangun SDM Unggul Indonesia Maju yang dirangkai dalam infrastruktur layanan SDM di Kawasan Industri KBN. Inisiatif yang merupakan solusi bagi seluruh perusahaan di dalam KBN untuk meningkatkan produktivitas dan membangun bisnis.

”Juga memberi manfaat pada masyarakat untuk mendapatkan peluang kerja dan meningkatkan kesejahteraan,” kata Direktur Pengembangan PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero), Rahayu Ahmad Junaedi dalam sambutannya pada acara peresmian Learning Center KBN di Cakung, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.

Dia mengatakan, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin menantang, KBN terus mendukung penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam meningkatkan produktivitas industri. KBN Learning Center juga memberi pelatihan dan pendampingan bagi perusahaan dalam meningkatkan efisiensi proses produksinya di samping peningkatan kompetensi pekerjanya.

”KBN menyiapkan solusi agar perusahaan-perusahaan yang telah berinvestasi di Kawasan KBN untuk tetap bertumbuh dan meningkatkan daya saing,” kata Didi, sapaan akrab Rahayu Ahmad Junaedi. Dia menegaskan, KBN Learning Center adalah nilai tambah untuk meningkatkan produktivitas.

SDM Kunci Produktivitas

Dalam dunia industri, kegiatan produksi berlangsung dengan mengolah bahan baku menjadi barang jadi. Menggunakan jam kerja manusia dan listrik untuk menggerakkan mesin-mesin produksi. Besarnya energi yang digunakan dan banyaknya jam kerja yang terjadi untuk menghasilkan suatu barang jadi menjadi ukuran dari produktivitas.

Produktivitas bukanlah kerja mekanis suatu pabrik namun suatu budaya untuk memberikan nilai tambah sebanyaknya dari upaya yang dilakukan. Bukan sekedar menghasilkan barang jadi namun barang jadi berkualitas. Bukanlah mesin yang menghasilkan produk yang lebih banyak, namun penggunannya untuk menghasilkan produk yang berguna bagi manusia dan kelestarian alam.

Karena produktivitas adalah budaya, maka sumber daya manusia menjadi penentunya. Bagaimana cara pandang menjadi cara kerja dan pelatihan menjadi kinerja. Produktivitas terjadi secara bertahap sesuai proses. Tidak serta merta menjadi hasil akhir suatu usaha. Dengan demikian, tahap demi tahap kerja menentukan tercapainya produktivitas yang ingin dicapai.

Produktivitas mengandung efisiensi dan optimasi sehingga memberi potensi nilai tambah kesejahteraan bagi pengelolanya, sumber daya manusia. Dengan cara pandang yang benar, pemerintah memberi perlindungan dengan berbagai peraturan yang ada untuk terjadi harmoni dan kesejahteraan bersama antara pengusaha dan pekerjanya. Itulah sebabnya sumber daya manusia menjadi kuncinya. (*)

Share:
Berikan komentar